Minggu, 03 November 2013

Memperbaiki TV yang tidak Mengeluarkan Gambar

Langsung saja ke topik pembahasan.

Gejala kerusakan biasanya biasanya di sebabkan oleh kerusakan IC Vertikal, yoke, flyback, dan elco (electrolit condensator) yang menggembung. Untuk memperbaikinya, kita harus mengukur tegangan pada masing" komponen tsb.

Ukurlah tegangan B+ yang masuk pada IC Vertikal (biasanya 24VDC). Jika tegangan kurang kemungkinan IC tsb telah short atau ada komponen yang rusak di sekitar IC tsb. Periksa dioda, resistor, dan komponen" lain yang berada di dekat IC yang menuju ke kaki B+ IC vertikal.

Berikutnya periksa bagian yoke. Yoke ini sering kali terjadi hubungan singkat dan juga sering terbakar. Ceklah menggunakan multitester pada posisi ohm meter, jika tidak menunjukkan nilai hambatan (diam) berarti yoke ini sudah tidak layak di pakai lagi.

Jika semua masih dalam keadaan bagus, periksalah bagian flyback. Jika pada waktu di nyalakan heater yang terletak di ujung tabung bagian belakang tidak menyala, maka gambar di layar tv tidak akan tampil. Ukurlah tegangan B+ pada kaki flyback, biasanya kerusakan di sebabkan oleh elco B+ 100uf/160v ataupun 220uf/160v. Tegangan pada heater sekitar 2-5v.

0 komentar:

Posting Komentar